Nah, ngomong-ngomong soal Bukit Kelam, menurut penglihatanku ini adalah sebuah batu besar, sebesar rumah-kah? Tidak, ini lebih besar kok. Namanya bukit, ya kurang lebih segede bukit-lah. Kontruksi batu ini juga hanya terdiri dari satu batu lho, jadi bukan terdiri dari banyak batu. Saking besarnya, kata temanku orang Dayak yang asli orang Sintang, pernah ada organisasi dunia yang menilai bahwa ini adalah batu terbesar di dunia. Hebat juga yah…

Bukit Kelam atau Kelam Hill menyajikan suatu pemandangan yang sangat indah, terlihat jelas ketika kita melakukan perjalanan dari Sintang menuju Kabupaten Kapuas Hulu. Dibutuhkan kurang lebih 30 menit dari Kota Sintang, Kalimantan Barat, untuk tiba di Bukit Kelam, yang masuk wilayah Kecamatan Kelam, Kabupaten Sintang. Luas areal wisata alam Bukit Kelam adalah 520 hektare. Di dalamnya banyak sekali terdapat keunikan dan kekayaan hayati. Udaranya sangat sejuk dan segar. Pokoknya, cocoklah buat rekreasi alam bagi semua kalangan.

Bila Anda berkeinginan untuk naik ke atas Bukit Kelam, sudah disediakan lho. Tapi hati-hati, tangganya dari besi, dan pengunjung harus menaiki tangga, bukan berjalan kaki seperti tangga di lereng gunung. Kalau Anda tidak kuat fisiknya, mendingan jangan coba deh, bisa-bisa Anda macet atau kecapean di tengah jalan, mau turun lagi terus lihat ke bawah malah ngeri… hehehe.. Selain itu, di kawasan wisata alam Bukit Kelam terdapat kolam renang dan lapangan tenis yang dapat dimanfaatkan oleh setiap wisatawan. Kalau Anda ingin bermalam di sana, jangan kuatir sebab ternyata di tempat ini pun disediakan camping ground yang cukup luas dan aman.

Seperti halnya Gunung Tangkuban Parahu di Bandung, Jawa Barat, yang punya cerita legenda Sangkuriang, Bukit Kelam juga memiliki cerita legendanya juga lho. Nanti deh ceritanya kalo yang ini mah… hehehe… Pokoknya, datang dulu ke Bukit Kelam. Nanti bisa dapat cerita dari masyarakat setempat. Pasti lebih seruh khan?

Sedikit petunjuk ke Bukit Kelam, Anda bisa mulai perjalanan dari Kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Dari Pontianak menuju ke Kota Sintang itu dapat di tempuh selama kurang lebih 7 sampai 8 jam, atau bisa juga kurang, bisa juga lebih lama. Tergantung jalan mana yang Anda lewati, kendaraan apa yang Anda gunakan, dan juga keadaan jalan yang dilalui. Setiap harinya ada bis umum dan bis DAMRI yang melakukan perjalanan dari Pontianak – Sintang dan sebaliknya, baik untuk perjalanan siang maupun perjalanan malam.

sumber: http://kaskusnews.com/2010/01/13/batu-terbesar-di-dunia-ada-di-indonesia/


Share/Save/Bookmark
8 komentar
  1. Download Gratisan 14 Januari 2010 02.49  

    memang nyimpen banyak hal yang kudu di banggain neeh INDONESIAKU..

  2. trio tutorial 14 Januari 2010 02.50  

    amankan PERTAMAX...!!!

    wah ternyata indonesia hebat juga yaaa..
    dengan adanya batu terbesar ini, semoga nama indonesia juga besar di mata internasional (tentunya yang baik-baik aja)

    keren..
    kunjungi aku n kasih sedikit komentar juga ya sob...

  3. trio tutorial 14 Januari 2010 02.55  

    wah ternyata pertamax nya kecolongan

  4. lina@women's perspectives 14 Januari 2010 06.05  

    wah, saya baru tau nih, jadi pingin main ke sana... Kok kayaknya kurang diekspos ya

  5. bisnis online 14 Januari 2010 14.10  

    semagat terus mencari dollar!!!!!!

  6. harto 14 Januari 2010 15.08  

    banyak juga yaa kelebihan2 alam yang ada di Indonesia ini, coba bisa di promosikan ke seluruh dunia yaa. Subhanallah itulah satu satu dari sekian banyak ciptaan Allah SWT.

  7. ewin 17 Januari 2012 11.09  

    saya pernah berjalan di atas bukit tersebut, saya mulai mendaki jam 11 siang dan sampai di puncak sekitar jam 14.30 pada 1 januari 2003.. di puncak terdapat gua wallet yang sangat luas dan sangat dingin... saya rasa ini merupakan sebuah meteorid yang jatuh pada jutaan tahun lalu.. batu yang menancap ke dalam jauh lebih tinggi dari pada ketinggian puncak sehingga mengakibatkan daratan di sekitar menjadi berbukit2..
    myiszy86@gmail.com

  8. Ibu Risna wati 10 Maret 2017 17.56  

    Saya sagat berterima kasi atas
    Bantuan KYAI MAULANA kemarin
    Saya dikasi nmr 4d & 6d dan saya mendapat kan hasil togel (457 juta)karna bantuanya saya bisah bayar hutan dan buka usaha kecil kecilan,jika anda mau di bantu seperti saya silahkam hbg
    (KYAI MAULAN ) DI NMR
    ( 085-210-001-377 )
    atau Atau klik disini

Posting Komentar