Harimau Sekecil Lubang Jarum

Diposting oleh Admin | 18.01

Percaya deh kalau harimau satu ini emang bukanlah mahluk hidup atau siluman.
Soalnya harimau satu ini adalah sebuah maha karya yang katanya si pembuatnya sih merupakan patung terkecil dan hanya bisa di lihat dengan kaca pembesar.


Adapun bahan patung tersebut adalah damar, dan memiliki ukuran tinggi 1 mm, dan panjangnya 1 mm lebih dan dibuat oleh seorang seniman asal Taiwan bernama Chen Forng-shean dalam rangka mengantisipasi Hari Tahun Baru Cina, Tahun Harimau yang dimulai pas hari Valentine yaitu 14 Februari.

Chen sendiri sudah hobi memahat sejak sekitar 30 tahun. Toh begitu Chen mengakui dalam penciptaan karya patung harimau tersebut, Chen sudah berusaha membuatnya sebanyak 10 kali dan bagian tersulit dalam pembuatannya adalah membentuknya menjadi 3 dimensi dan pengecatan/pewarnaan.

“Jika tangan bergetar/berguncang sedikit saja, patung itu bakal melompat dan hilang.

Untuk harimau ini, bagian paling sulit adalah karena bentuknya yang 3 dimensi. Harimau itu bisa terlihat dari berbagai sudut, dan masih terlihat seperti hidup. Pewarnaan juga sangat sulit, dengan motif-motif di punggungnya dan warna merah di lidahnya,” jelas Chen yang sudah berusia 54 tahun itu.

Adapun waktu yang dibutuhkan membuat patung harimaunya sendiri sekitar 3 bulan, dengan kerja yang intensif dan selesai pada bulan November kemarin. Meski gak di jual. Chen memperkirakan harganya bernilai 3 juta dollars Taiwan, atau sekitar £58,000.

Menurut tahun Cina, harimau dianggap membawa keberuntungan yang beragam, termasuk hewan yang bisa diandalkan namun gak bisa ditebak disaat bersamaan.

“Pekerjaanku berhubungan dengan hal-hal yang sangat bagus, jadi aku belajar bernafas dan menahan nafas.

Sekarang jika aku ambil nafas, aku bisa menahannya selama 60 detik, dan kemudian aku bisa mengukir setiap goresan dengan irama nadiku.”

Selain damar, Chen juga pernah menggunakan bahan beras, pasir, benang, benang gigi (dental floss) bahkan kepala-kepala semut dan juga sayap lalat dalam menciptakan patung-patung miniature lainnya, yang merupakan sebuah tanda dari seni jaman kuno Cina terakhir yang tinggi.

Chen sendiri mengharap bisa memahat.mengukir selama 5 tahun lagi, menghasilkan patung-patung yang lebih kecil, termasuk pemandangan yang memuat pegunungan, air terjun dan orang-orang.

sumber: http://www.kagakribet.com/fun.php?id=1u9r280ms2s4


Share/Save/Bookmark
2 komentar
  1. yahya 22 Januari 2010 22.24  

    bagus banget ya..
    pengen nih dapet ilmu dari situ..
    thx

  2. Ibu Risna wati 14 Maret 2017 21.26  

    Saya sagat berterima kasi atas
    Bantuan KYAI MAULANA kemarin
    Saya dikasi nmr 4d & 6d dan saya mendapat kan hasil togel (457 juta)karna bantuanya saya bisah bayar hutan dan buka usaha kecil kecilan,jika anda mau di bantu seperti saya silahkam hbg
    (KYAI MAULAN ) DI NMR
    ( 085-210-001-377 )
    atau Atau klik disini

Posting Komentar